Advertising

Penerimaan CPNS, Pemerintah Diminta Transparan: Media Massa Diimbau Pantau Proses Seleksi

CPNS.INFO - . Tim CPNS.INFO kali ini akan mengabarkan informasi dgn judul Penerimaan CPNS, Pemerintah Diminta Transparan: Media Massa Diimbau Pantau Proses Seleksi. Semoga bermanfaat bagi masyarakat umum yang berminat untuk mengikuti ini. Perlu Pengunjung ketahui bahwa semua postingan yang berada di blog CPNS.INFO ini didapatkan dari berbagai sumber resmi seperti Kemenpan-RB, BKN, Panselnas CPNS, dan sumber terpercaya lainnya berkaitan informasi dan Seleksi . Bagi pengunjung blog CPNS.INFO ternyata judul postingan Penerimaan CPNS, Pemerintah Diminta Transparan: Media Massa Diimbau Pantau Proses Seleksi belum memenuhi keinginan, silahkan mengetikkan di kotak pencarian di atas judul postingan ini.

Penerimaan CPNS, Pemerintah Diminta Transparan: Media Massa Diimbau Pantau Proses Seleksi

Penerimaan CPNS, Pemerintah Diminta Transparan: Media Massa Diimbau Pantau Proses Seleksi

JAKARTA- Instansi pusat maupun daerah diminta transparan dalam penerimaan CPNS 2009. Pemerintah juga diimbau untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelamar dari Sabang sampai Merauke  untuk melamar di mana pun dia berada.
"Bukan zamannya lagi, pelamar di luar Sulut misalnya, ditolak lamarannya. Begitu juga pelamar dari Sulut bisa melamar di Jakarta ataupun Papua. Dengan catatan ada formasi untuk dilamar," ungkap Deputi MenPAN bidang SDM Aparatur, Ramli Naibaho yang dihubungi di Kantor MenPAN, Senin (4/10).

Dia mencotohkan Talaud yang masih enggan menerima pelamar dari daerah lain sehingga memaksakan formasi sesuai standar SDM kabupaten tersebut.
"Kepala BKD-nya bilang Talaud kurang SDM DIII dan S1, makanya mereka minta diisi SMK semuanya. Kan tidak boleh begitu, Papua saja tahu kok kalau PNS harus profesional makanya SDM yang dicari berpendidikan paling rendah SMK, itupun jumlahnya sedikit," tukasnya.
Untuk mencegah terjadinya kekosongan formasi karena tak ada pelamar, pihak penyelenggara diminta membuka lamaran setransparan mungkin. Caranya dengan mengumumkan secara resmi di media cetak dan elektronil nasional. Juga diumumkan via internet.
"Pengumumannya harus jelas tentang kuotanya, formasi serta syarat-syaratnya," tuturnya.
Dengan pengumuman terbuka dan jelas, pelamar bisa memilih di mana dia ingin melamar sesuai keahlian yang dia miliki. "Pelamar dari Manado bisa melamar di Talaud atau lainnya. Demikian juga pelamar di Talaud bisa melamar di Manado, bahkan di luar Sulut. Jadi kalau ada kompetensinya tidak perlu takut kalau akan ditolak lamarannya," tandasnya.
Dia pun meminta media massa untuk memantau proses penerimaan CPNS. "Jika ditemukan ada kecurangan, tolong laporkan ke kami agar bisa ditindaklanjuti."
Untuk instansi pusat, Ramli mencontohkan Deplu dan Kepolisian yang telah membuka lowongan CPNS secara terbuka. Di mana, semua pelamar bisa melamar lewat internet.
"Rata-rata instansi pusat membuka lowongan CPNS lewat internet. Yang patut diancungi jempol, Kepolisian yang selama ini dikenal tertutup dan katanya banyak KKN bisa melakukan seleksi sangat transparan. Siapa saja bisa melamar tanpa harus mengeluarkan duit puluhan juta rupiah," terangnya.
Berbeda dengan instansi daerah yang baru 230 ditetapkan formasinya, untuk pusat sudah 71 instansi dan sebagian besar telah membuka lamaran. Sebut saja Depkeu, Deplu, Depsos, Depperin, Depdag, MA, Kejaksaan, Kepolisian, Depag, Dephan, dll. (esy/JPNN)

PENTING!!!
Persiapkan diri Anda dalam mengikuti seleksi cpns 2021
Dapatkan materi resmi SKD dan SKB cpns 2021 serta ikuti latihan tryout cat cpns 2021
Pendaftaran member cpnsonline silahkan klik ini PENDAFTARAN CPNSONLINE


DISCLAIMER

1. CPNS.INFO merupakan Portal Kumpulan Berita CPNS dari berbagai media baik cetak maupun online seperti Kemenpan-RB, BKN, Panselnas CPNS, dan Media terpercaya lainnya.
2. Semua Informasi berita dalam portal cpns.info merujuk pada sumber informasi media yang dituliskan linknya pada setiap akhir posting.
3. Portal CPNS.INFO ini bukan milik pemerintah, Kehadiran CPNS.INFO merupakan bagian partisipasi masyarakat dalam rangka pelaksanan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat luas terkait informasi cpns (UU 14/2008).
4. Pengelola CPNS.INFO tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi yang terdapat didalam portal CPNS.INFO ini oleh pihak lain baik sebagian atau seluruhnya.

0 Response to "Penerimaan CPNS, Pemerintah Diminta Transparan: Media Massa Diimbau Pantau Proses Seleksi"