Advertising

Lokakarya dalam Kompetensi Sains dan Teknologi Nuklir Batan

CPNS.INFO - . Tim CPNS.INFO kali ini akan mengabarkan informasi dgn judul Lokakarya dalam Kompetensi Sains dan Teknologi Nuklir Batan. Semoga bermanfaat bagi masyarakat umum yang berminat untuk mengikuti ini. Perlu Pengunjung ketahui bahwa semua postingan yang berada di blog CPNS.INFO ini didapatkan dari berbagai sumber resmi seperti Kemenpan-RB, BKN, Panselnas CPNS, dan sumber terpercaya lainnya berkaitan informasi dan Seleksi . Bagi pengunjung blog CPNS.INFO ternyata judul postingan Lokakarya dalam Kompetensi Sains dan Teknologi Nuklir Batan belum memenuhi keinginan, silahkan mengetikkan di kotak pencarian di atas judul postingan ini.

Lokakarya dalam Kompetensi Sains dan Teknologi Nuklir Batan

LOKAKARYA KOMPUTASI DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR
HOTEL SANTIKA – BSD CITY-SERPONG, 14 OKTOBER 2010

Peran komputasi, pemodelan dan simulasi komputer untuk menunjang penelitian dan pengembangan dalam sains, teknologi dan industri.

I. PENDAHULUAN

Dewasa ini banyak eksperimen yang tidak dapat atau sulit dilakukan secara langsung karena terlalu berbahaya atau eksperimen yang menuntut sarana canggih sehingga mahal bagi negara berkembang untuk merealisasikannya. Dengan adanya komputer yang makin canggih sejak 1960-an, berkembang ilmu komputasi dan simulasi komputer sebagai suatu eksperimen numerik terhadap suatu model atau tiruan sistem yang efektif dan relatif murah. Komputasi, pemodelan dan simulasi telah membantu mencari solusi masalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang sulit. Tidak semua masalah dapat dibuat rumus matematiknya yang pasti dan eksak, maka berkembang Soft computing sebagai bagian dari ilmu komputasi yang menggunakan cara fikir manusia sebagai model untuk menyelesaikan masalah yang penuh dengan ketidak pastian, ketidak akuratan maupun kebenaran parsial data yang diperoleh. Kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menjadi forum ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan sebagai media tukar menukar informasi dalam bidang komputasi dan teknologi informasi untuk penguatan litbang di Indonesia.

II. TUJUAN

1. Menyelenggarakan forum ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan tukar menukar informasi tentang perkembangan metode komputasi, pemodelan matematik dan simulasi komputer dewasa ini.
2. Meningkatkan pemahaman dan wawasan tentang perkembangan ilmu Komputasi terutama untuk menunjang kemajuan sains dan teknologi Nuklir.

III. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup dari lokakarya ini meliputi aspek yang berhubungan dengan ilmu komputasi, pemodelan, simulasi, pengolahan, data dan sistem informasi:

1. Teori dan Metode Komputasi.

Analisis numerik, Matematika Terapan, Statistika Terapan, Probabilitas Terapan, Penyelesaian Diferensial Parsial Nonlinier, Matematika Diskrit, Struktur Data, Pengolahan Paralel, Komputer Optik, Komputer Kuantum, Algoritma, Pemrograman, dll.

2. Soft Computing.
Jaringan Syaraf Tiruan, Logika Fuzzy, Simulated Annealing, Probabilistic Reasoning, Algoritma Genetika, Chaos theory, Bio Informatika, Teoari Permainan, dll.

3. Aplikasi Komputasi, Pemodelan dan Simulasi.
Komputasi Neutronik, Komputasi Termalhidroulik, Pengolahan Citra, Pemodelan Iklim, dan Cuaca, Simulasi Monte Carlo, Simulasi Dinamika Molekular, serta Komputasi, Pemodelan dan Simulasi di bidang Fisika, Kimia, Geologi, Teknik, Industri, dll.

4. Teknologi Komunikasi dan Informasi.
Smart Wireless IP, Pengembangan Perangkat Wimax, Gigabit Ethernet Passive Optical Network, Teknik Pencarian Data, Pengembangan Aplikasi Berbasis Open Source, GIS, Sistem Penunjang Kepuasan, Manajemen Pengetahuan, Teknik Multimedia, dll.

IV. Makalah
1. Makalah lengkap dalam bahasa Indonesia disertai dengan abstrak dalam bahasa inggris ditulis sesuai format yang disediakan
2. Pengiriman makalah dilakukan secara on-line

V. Jadwal

  1. Pendaftaran on-line untuk peserta peninjau maupun penyaji dimulai sejak tanggal 14 Juni 2010, dapat juga menggunakan formulir yang tersedia dikirim ke Sekretrariat.
  2. Batas waktu penerimaan makalah 14 September 2010.
  3. Hasil review makalah diumumkan pada tanggal 24 September 2010 melalui website.
  4. Pengumuman peserta peninjau yang diterima tanggal 24 September 2010 melalui website.
  5. Perbaikan makalah diterima paling lambat tanggal 1 Oktober 2010.
  6. LOKAKARYA KOMPUTASI DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR TAHUN 2010 dilaksanakan tanggal 14 Oktober 2010. Leafet LKSTN 2010 !
  7. Tempat : – HOTEL SANTIKA – BSD CITY-SERPONG.
 

PENTING!!!
Persiapkan diri Anda dalam mengikuti seleksi cpns 2021
Dapatkan materi resmi SKD dan SKB cpns 2021 serta ikuti latihan tryout cat cpns 2021
Pendaftaran member cpnsonline silahkan klik ini PENDAFTARAN CPNSONLINE


DISCLAIMER

1. CPNS.INFO merupakan Portal Kumpulan Berita CPNS dari berbagai media baik cetak maupun online seperti Kemenpan-RB, BKN, Panselnas CPNS, dan Media terpercaya lainnya.
2. Semua Informasi berita dalam portal cpns.info merujuk pada sumber informasi media yang dituliskan linknya pada setiap akhir posting.
3. Portal CPNS.INFO ini bukan milik pemerintah, Kehadiran CPNS.INFO merupakan bagian partisipasi masyarakat dalam rangka pelaksanan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat luas terkait informasi cpns (UU 14/2008).
4. Pengelola CPNS.INFO tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi yang terdapat didalam portal CPNS.INFO ini oleh pihak lain baik sebagian atau seluruhnya.

0 Response to "Lokakarya dalam Kompetensi Sains dan Teknologi Nuklir Batan"